Perlukah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki Asuransi Jiwa?

Apakah Anda sudah membaca artikel pada blog ini yang berjudul Perlukah memiliki Asuransi Jiwa? yang di tulis beberapa waktu lalu? Pada artikel tersebut penulis memberikan ilustrasi tentang seorang Ayah yang menjadi tulang punggung keluarga sangat perlu memiliki Asuransi Jiwa demi masa depan dirinya dan keluarganya.

Lalu pertanyaannya, apakah Asuransi Jiwa hanya di tujukan untuk seorang Ayah yang menjadi tulang punggung keluarga? Apakah seorang ibu rumah tangga juga perlu punya Asuransi Jiwa seperti seorang ayah? Mari kita simak penjelasan menurut sudut pandang penulis.

Dalam hidup berumah tangga suami dan istri harus saling membantu. Dengan membeli Asuransi Jiwa berarti seorang suami telah memberikan warisan yang bermanfaat bagi istri dan anak-anaknya ketika dia meninggal dunia. Begitu pula dengan seorang istri. Jika seorang istri memiliki Asuransi Jiwa itu berarti dia telah memberikan warisan yang bermanfaat bagisuami dan anak-anaknya.

Contoh: Suatu hari seorang suami dihubungi oleh seorang agen asuransi yang menawarkan Asuransi Jiwa untuk istrinya. Karena terbujuk oleh rayuan dari sang agen, lalu suami itu pun membelinya dengan UP sebesar 1 Miliar. Beberapa tahun kemudian, istri tercintanya di panggil oleh Sang Pencipta dan meninggalkan dirinya serta 2 orang anaknya. Karena sang istri memiliki Asuransi Jiwa dengan UP 1 Miliar, maka suami itu pun mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi sebesar 1 Miliar.

Lalu apa yang akan di lakukan sang suami dari uang warisan sang istri sebesar 1 Miliar tersebut?

Pertama, jika sang suami memiliki hutang seperti cicilan rumah dan kendaraan, dia bisa menggunakan uang warisan tersebut untuk melunasi hutang-hutangnya. Atau bahkan untuk membantu biaya pendidikan anak-anaknya.

Kedua, sang suami bisa memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus untuk menggantikan peran seorang ibu yang selama ini dilakukan oleh sang istri. Supaya bisa terus mendapatkan pemasukan, mungkin sang suami bisa menggunakan sebagian atau seluruhnya dari uang pertanggungan 1 Miliar tersebut untuk buka usaha.

Ketiga, jika ternyata sang suami tidak mau menggunakan uang warisan tersebut, maka dia pun bisa menyumbangkan warisan dari sang istri kepada panti asuhan, pondok pesantren atau untuk pembangunan mesjid. Ini berarti uang warisan istrinya tersebut bisa menjadi amal jariyah untuk sang istri.

Lalu…berapakah UP yang ideal bagi seorang Ibu Rumah Tangga?

Jika dari sudut pandang penulis, UP ideal bagi seorang Ibu Rumah Tangga adalah sama dengan seorang suami sebagai tulang punggung keluarga. Namun, seperti pada artikel Bagaimana menetukan santunan meninggal dunia bahwa sesungguhnya tidak ada aturan baku dalam menentukan uang pertanggungan. Penulis sebagai seorang Financial Consultant hanya bisa memberikan gambaran.

Dalam hal besarnya UP yang ideal untuk seorang ibu rumah tangga, ada satu quote yang saya ambil dari Blog Myallisya milik leader saya, yang menurut saya quote tersebut sangat menyentuh.. 🙂

Buatkan asuransi jiwa untuk istriku dengan uang pertanggungan yang sama dengan diriku. Karena jika istriku lebih dulu meninggal, maka aku akan keluar dari pekerjaanku saat ini. Aku akan tinggal di rumah untuk menggantikan semua tugas-tugas istriku dalam membesarkan anak-anakku sampai mereka mandiri kelak.

Lalu, sudahkah Anda sebagai seorang ibu rumah tangga memiliki Asuransi Jiwa? Atau sudahkah Anda sebagai seorang suami membelikan polis Asuransi Jiwa untuk istri Anda tercinta?

Jika Anda ingin dibuatkan ilustrasi asuransi jiwa TAPRO, silakan klik Permohonan Ilustrasi Asuransi atau mengirimkan profil Anda seperti:

  1. Nama lengkap (sesuai KTP)
  2. Tanggal lahir
  3. Jenis kelamin
  4. Merokok/tidak merokok
  5. Bekerja didalam/luar ruangan
  6. Alamat email
  7. No HP

ke alamat email melindungipenghasilan@gmail.com atau bisa dikirimkan melalui whatsapp atau BBM di nomer dibawah.

Salam,

JOhan|   0818 654 456 (Mobile & Whatsapp)5178D3DF (Blackberry Messenger)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s