Inilah Daftar Penyakit dengan Biaya Mahal versi Kemenkes Tahun 2012

Artikel ini saya ambil dari sebuah situs berita dengan tujuan supaya para pembaca bisa kembali memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan agar bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan masalah finansial. Beberapa penyakit dibawah ini sudah tercover dalam CI100, manfaat tambahan yang ada di dalam TAPRO.

Mahalnya biaya rumah sakit seharusnya membuat seseorang semakin sadar untuk mencegah suatu penyakit. Namun ada beberapa penyakit yang ternyata membutuhkan biaya yang tinggi.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2013 di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Untuk mengendalikan penyakit tersebut, Nafsiah berharap kepada para dokter di kota maupun daerah untuk terus meneliti penyebab dan cara pencegahan yang efektif

Daftar penyakit yang disebutkan ini diurutkan dari yang paling mahal menurut data Kementrian Kesehatan tahun 2012 yang dihitung dari total rawat jalan dan rawat inap selama tahun 2012, yaitu sebagai berikut:

1. Haemodialisa (cuci darah)

Haemodialisa dikenal sebagai terapi pengganti ginjal akibat gagal ginjal. Walaupun hemodialisa tidak menyembuhkan atau memulihkan, namun pasien ini harus menjalani terapi hemodialisa sepanjang hidupnya, biasanya 3 kali seminggu selama paling sedikit 3 atau 4 jam setiap terapi.

Menurut Nafsiah, untuk haemodialisa butuh biaya setidaknya Rp 227 miliar. Maka dari itu terapi ini dianggap paling mahal.

2. Sectio Caesarea

Sectio Caesarea atau lebih kita kenal dengan operasi caesar ini bisa menghabiskan biaya hingga Rp 206 miliar untuk total rawat jalan dan rawat inap.

3. Kanker

Untuk penyakit yang satu ini sudah banyak pasti yang mengira kalau biayanya mahal, dan memang terbukti total biaya yang bisa Anda habiskan mencapai Rp 144 miliar.

4. TBC

Tuberkulosis menurut Nafsiah merupakan penyakit keempat termahal karena jika Anda terkena penyakit tersebut, Anda harus mengeluarkan setidaknya Rp 106 miliar.

5. Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit turunan berbahaya yang ditandai dengan kondisi sel darah merah yang rusak atau usianya lebih pendek dari sel darah normal (120 hari). Akibatnya penderita thalasemia akan mengalami gejala anemia diantaranya pusing, pucat, badan sering lemas, sukar tidur, nafsu makan hilang, dan infeksi berulang.

Data Kemkes menyebutkan kalau total rawat jalan dan rawat inap tingkat lanjutnya di Indonesia adalah Rp 59 miliar.

5. Jantung

Sebelumnya banyak yang mengira kalau penyakit jantung adalah penyakit yang paling mahal. Memang benar, tapi penyakit ini jauh lebih murah dibandingkan kanker maupun lainnya, yaitu jika dihitung dari total rawat jalan dan rawat inap mencapai Rp 22 miliar.

7. Malaria

Dari segi penyakit, mungkin Anda seringkali meremehkan penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Padahal jika dihitung, penyakit ini tergolong mahal yaitu capai Rp 17 miliar

8. HIV/AIDS

Untuk jenis penyakit ini, menurut Nafsiah bisa capai Rp 8 miliar

SUMBER

Jika Anda ingin dibuatkan ilustrasi dengan manfaat CI100 dengan uang pertanggungan yang kurang lebih sama seperti biaya-biaya diatas silakan klik Permohonan Ilustrasi Asuransi, atau mengirimkan profil Anda seperti:

  1. Nama lengkap (sesuai KTP)
  2. Tanggal lahir
  3. Jenis kelamin
  4. Merokok/tidak merokok
  5. Bekerja didalam/luar ruangan
  6. Alamat email
  7. No HP

ke alamat email tutupolij.johan.ferdian@gmail.com atau bisa dikirimkan melalui whatsapp atau BBM di nomer dibawah.

Salam,

JOhan|  0818 654 456 (Mobile & Whatsapp)| 5178D3DF (Blackberry Messenger)

 

Advertisements

One thought on “Inilah Daftar Penyakit dengan Biaya Mahal versi Kemenkes Tahun 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s