Dibandingkan Dengan Kemoterapi, Cara Ini Lebih Ampuh Atasi Kanker Paru Stadium Lanjut

Kanker adalah suatu penyakit yang sering diidentikkan dengan kematian. Namun beberapa penemuan terapi terbaru kini telah membuat kanker tidak berbeda dengan penyakit lain. Sehingga ada harapan bagi penderita kanker untuk bisa selamat dan kembali menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik. Salah satu penemuan terapi terbaru adalah dengan targeted therapy dengan menggunakan obat kanker Afatinib. Bahkan menurut riset para pakar bahwa dengan obat kanker Afatinib memiliki risiko kematian yang lebih kecil, sebesar 43 persen daripada pasien kemoterapi. Mari kita simak informasi berikut ini yang saya salin dari situs health.detik.com. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ada suatu metode yang menurut pakar lebih ampuh bagi pasien kanker stadium lanjut daripada dengan metode kemoterapi. Metode tersebut adalah Targeted Therapy atau terapi target, yang khusus menyasar sel yang bermutasi yang disebabkan oleh kanker.

Menurut Prof Keith Kerr, seorang Konsultan Patologis dari Aberdeen University, mengatakan bahwa pada pasien kanker paru stadium lanjut, kemoterapi, radioterapi dan operasi tidak dapat berfungsi maksimal. Sebabnya, terapi-terapi tersebut hanya mempengaruhi bagian luar atau permukaan tumor.

“Radio terapi dan kemoterapi tidak dapat berfungsi banyak bagi pasien kanker stadium lanjut. Apalagi operasi di mana tumor yang diangkat hanya akan berpengaruh sementara. Karena itulah targeted therapy harus diutamakan. Terapi ini hanya menyasar sel utama yang bermutasi sehingga dapat memperlambat pertumbuhkan tumor dan penyebaran sel kanker dari dalam,” menurut Prof. Keith Kerr ketika ditemui pada temu media Boehringer Ingelheim, yang diadakan bersamaan dengan Asia Pacific Lung Cancer Conference di Sheraton Hotel, Kuala Lumpur, dan ditulis pada Senin (10/11/2014).

Berkaitan dengan kanker paru, menurut Prof Keunchil Park dari Samsung Medical Center at Sungkyunkwan University Seoul, Korea Selatan, mengatakan bahwa mayoritas kanker paru yang dialami warga Asia adalah Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC). Penyebab utama terjadinya NSCLC bagi orang Asia adalah mutasi Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) yang membuat sel mengalami pertumbuhan yang tak terkontrol.

Karena itu, targeted therapy yang dikembangkan tentunya harus ditujukan untuk memperlambat pertumbuhan sel tersebut. Jika pengobatan ditujukan bagi sel tersebut, diharapkan pasien dapat menjalani hidup yang lebih baik dan berkualitas.

“Solusinya tentu saja dengan membuat obat yang dapat langsung bekerja pada gen EGFR tersebut,” tutur Prof Park

Untuk itu, Boehringer Ingelheim selaku salah satu perusahaan farmasi terkemuka mempunyai Afatinib, obat kanker paru yang sudah digunakan oleh negara-negara Amerika, Eropa dan Asia Timur. Prof Yi-long Wu, director of Guangdong Lung Cancer Institute dari Guangdong Hospital mengatakan bahwa afatinib bekerja lebih baik daripada kemoterapi bagi pasien kanker paru NSCLC yang diakibatkan oleh mutasi EGFR.

“Penelitian kami membuktikan bahwa afatinib bekerja lebih baik dari kemoterapi. Pasien kanker paru NSCLC yang diberikan afatinib mempunyai angka harapan hidup yang lebih tinggi, 10,4 bulan lebih lama daripada pasien yang menggunakan kemoterapi,” tutur Prof Wu di kesempatan yang sama.

Dalam penelitiannya, Prof Wu membandingkan manfaat yang diterima oleh pasien kanker paru NSCLC yang menggunakan afatinib dengan pasien yang menggunakan kemoterapi Lux Lung 3 dan 6. Hasilnya, manfaat yang diterima pasien afatinib dalam hal angka harapan hidup dan risiko kematian.

Pasien afatinib ternyata hidup 33,3 tahun lebih lama dari rata-rata umur pasien kanker paru yang meninggal. Sementara pasien kemoterapi hidup 22,9 tahun lebih lama. Dengan kata lain, pasien yang menggunakan afatinib hidup 10,4 bulan lebih lama dari pasien kemoterapi.

“Hal ini berarti pasien yang menggunakan afatinib memiliki risiko kematian yang lebih kecil, sebesar 43 persen daripada pasien kemoterapi,” tandasnya.

Kalau saya hubungkan informasi diatas dengan asuransi, kebanyakan pada asuransi kesehatan sudah memberikan manfaat untuk kemoterapi. Artinya biaya untuk kemoterapi sudah dicover oleh asuransi kesehatan. Seperti misalnya pada rider Hospital And Surgical Care (HSC+) atau pada asuransi kesehatan SmartMed Premier.

Namun dengan adanya metode seperti targeted therapy dengan menggunakan obat kanker Afatinib yang menurut riset memiliki resiko kematian yang lebih kecil daripada kemoterapi, tentunya pasien kanker paru akan lebih memilih menggunakan Afatinib ini untuk mengobati penyakitnya. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah asuransi kesehatan yang sudah dimiliki bisa mengcover biaya pengobatan dengan Afatinib atau targeted therapy ini? Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi kesehatan sebaiknya di review ulang isi polis dengan agen asuransi. Apakah asuransi kesehatan yang Anda miliki bisa mengcover biaya pengobatan dengan metode targeted therapy tersebut.

Namun bagi Anda yang sudah memiliki asuransi sakit kritis CI100 dari TAPRO Syariah tentunya tidak perlu khawatir. Karena didalam polis CI100, yang khusus mengcover 100 kondisi sakit kritis, tidak ada pasal yang menyatakan bahwa uang pertanggungan akan cair jika pengobatan dilakukan dengan menggunakan metode kemoterapi. Yang diatur dalam polis CI100 adalah jika nasabah terdiagnosa/menderita salah satu dari 100 kondisi sakit kritis, maka uang pertanggungan akan cair.

Nasabah bebas menentukan mau dipakai untuk apa uang pertanggungan tersebut. Jika nasabah ingin melakukan targeted therapy dengan obat Afatinib silakan. Jika nasabah ingin melakukan kemoterapi boleh. Atau bahkan jika nasabah ingin melakukan pengobatan secara alternative pun tidak dilarang. Artinya nasabah bisa memanfaatkan uang pertanggungan tersebut untuk apa saja tanpa harus khawatir apakah biayanya akan dicover atau tidak.

Well, sudahkah Anda memiliki asuransi sakit kritis CI100 dari TAPRO Syariah? Apakah uang pertanggungan yang Anda miliki sudah cukup untuk mengcover biaya targeted therapy dengan obat Afatinib? Jika Anda ingin memiliki asuransi sakit kritis CI100 atau ingin menambah uang pertanggungan CI100 silakan menghubungi saya. Atau jika ingin dibuatkan ilustrasi, silakan mengisi data-data Anda di Form Permohonan Ilustrasi.

SUMBER

Salam,

JOhan|  0818 654 456 (Mobile & Whatsapp)| 5178D3DF (Blackberry Messenger)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s