SmartMed Premier

Pada bulan Agustus 2014, Allianz meluncurkan produk asuransi kesehatan (askes) baru dengan nama SmartMed Premier. Kelebihan produk ini jika di bandingkan dengan produk askes yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Allianz misalnya menanggung biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan limit tahunan sebesar 6 miliar, serta keunggulan yang lainnya. Askes berkategori premium ini dapat digunakan di seluruh dunia, dengan fasilitas kartu cashless khusus di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Keunggulan

1. Pembayaran biaya rumah sakit sesuai tagihan (as charge).

2. Limit tahunan 6 miliar rupiah untuk semua plan.

3. Tidak ada batasan manfaat per penyakit.

4. Fasilitas cashless (gesek kartu) di rumah sakit jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

5. Fasilitas reimburse (penggantian biaya) untuk perawatan di luar jaringan AdMedika.

6. Fasilitas cashless untuk manfaat persalinan dan rawat jalan & gigi.

7. Menanggung manfaat khusus: kemoterapi, dialisis (cuci darah), HIV/AIDS, evakuasi medis dan pemulangan darurat, dan pemakaman.

8. Dapat ditambah dengan rider persalinan dan rawat jalan & gigi.

9. Diskon 5% jika menyertakan anggota keluarga (pasangan dan maksimum 3 anak).

10. Akses ke layanan Allianz Medical Hotline 24 jam 365 hari setahun.

11. Perawatan berlaku di seluruh dunia.

12. Bila perawatan dilakukan di kamar yang lebih tinggi dari plan yang diambil, berlaku inner limit, bukan prorata.

13. Tersedia pilihan co-share dan no claim bonus untuk mendapatkan premi yang lebih murah.

Ketentuan Umum Smartmed Premier

Jenis produk Asuransi murni (tradisional), bukan unitlink.
Masa kontrak Satu tahun, dapat diperpanjang tiap tahun.
Mata uang Rupiah.
Manfaat dasar Rawat inap.
Manfaat tambahan (rider)
  1. Persalinan
  2. Rawat jalan & gigi
Usia masuk tertanggung 15 hari sd 75 tahun (ulang tahun terdekat)Khusus rider Persalinan: 16 sd 45 tahun.
Usia maksimum proteksi 80 tahun (ulang tahun terdekat).Khusus rider Persalinan: 46 tahun.
Masa tunggu 30 hari dari tanggal polis disetujui untuk perawatan karena sakit.Untuk perawatan karena kecelakaan tidak ada masa tunggu.

Khusus melahirkan: 280 hari (9 bulan 10 hari).

Frekuensi pembayaran premi Bulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan(Rate lebih mahal untuk premi selain tahunan)
Cara pembayaran premi
  • Untuk cara bayar tahunan dapat menggunakan kartu kredit maupun transfer
  • Untuk cara bayar selain tahunan hanya bisa menggunakan kartu kredit
Fasilitas pelayanan klaim
  • Cashless (jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, Malaysia)
  • Reimburse (di luar jaringan AdMedika)
Ketentuan fasilitas cashless
  • Hanya berlaku untuk cara pembayaran premi semesteran dan tahunan.
  • Untuk rawat inap dan persalinan, berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
  • Untuk rawat jalan dan gigi, hanya berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia.
Pilihan plan Ada 10 pilihan plan.A (500rb), B (750rb), C (1jt), D (1,5jt), E (2jt), F (2,5jt), G (3jt), H (4jt), I (5jt), J (6jt)
Pilihan co-share
  1. Rawat inap dan persalinan: 0%, 10%, 20%.
  2. Rawat jalan & gigi: 20%.

Co-share: Nasabah ikut menanggung biaya perawatan sebesar persentase (10% atau 20%), selebihnya ditanggung Allianz.

Co-share lebih besar, premi lebih murah.

Pilihan no claim bonus 0%, 20%.Tanpa no claim bonus, premi lebih murah.
Ketentuan polis keluarga
  • Keluarga inti, yaitu suami/istri dan anak-anak (maksimal usia 18 tahun, atau 23 tahun jika kuliah) maksimal 3 anak.
  • Untuk anak di atas 18/23 tahun, atau untuk orangtua, harus membuka polis sendiri.
  • Plan kamar yang diambil harus sama untuk semua tertanggung.
Ketentuan pembayaran klaim sesuai tagihan
  • Hanya berlaku untuk penggunaan kamar sesuai plan yang diambil.
  • Untuk penggunaan kamar di atas plan, berlaku inner limit.
  • Untuk perawatan di Amerika Serikat, berlakuinner limit.
  • Dalam keadaan darurat, jika tidak tersedia harga kamar sesuai plan, member dapat menggunakan kamar dengan harga satu level di atas plan maksimum selama dua hari. Setelah dua hari, member harus kembali ke kamar sesuai plan semula. Jika tidak, akan diberlakukan inner limit.
Penyakit khusus dan HIV/AIDS Berlaku setelah polis berjalan 12 bulan.
Kondisi pre-existing (penyakit yang sudah ada sebelumnya) Apabila ada, akan dikecualikan dari manfaat untuk 60 bulan pertama.
Koordinasi manfaat (jika memiliki polis askes sejenis di perusahaan lain) Jika askes lain dipakai terlebih dahulu, Allianz hanya akan membayar kekurangannya (jika ada). Klaim secara reimburse dengan melampirkan dokumen klaim dari perusahaan lain tersebut.
Keputusan underwriting (penilaian risiko) Tergantung kondisi kesehatan tertanggung, keputusan underwriting ada 5 kemungkinan:

  1. Diterima standar
  2. Diterima dengan ekstrapremi
  3. Diterima dengan pengecualian
  4. Diterima dengan ekstrapremi dan pengecualian
  5. Ditolak
Garansi perpanjangan Tidak ada. Jika pernah klaim, akan dikenakan peninjauan ulang.
Perubahan polis Perubahan polis meliputi penambahan atau pengurangan peserta, perubahan plan (naik atau turun), dan penambahan atau pengurangan rider.Perubahan polis hanya bisa dilakukan pada saat ulang tahun polis.
Berakhirnya polis
  1. Saat tertanggung mencapai usia 80 tahun
  2. Pembayaran premi terhenti
  3. Pembatalan oleh pemegang polis
  4. Tertanggung meninggal dunia

Mana yang terjadi lebih dulu.

Tabel Manfaat Smartmed Premier

– Rawat Inap

Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan A dan B
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan A dan B (klik untuk memperbesar)
tabel-manfaat-smartmed-premier-plan-c-d
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan C dan D (klik untuk memperbesar)
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan E dan F (klik untuk memperbesar)
Tabel manfaat Smartmed Premier, Rawat Inap plan E dan F (klik untuk memperbesar)

– Rider Persalinan dan Rawat Jalan & Gigi

Tabel manfaat Smartmed Premier, Rider Persalinan dan Rawat Jalan & Gigi, Plan A dan B (klik untuk memperbesar)

Cara Pendaftaran Polis

Mengisi Surat Pengajuan Asuransi Kesehatan (SPAK) dengan melampirkan:

  1. Fotokopi KTP tertanggung dan pemegang polis
  2. Fotokopi Akta Lahir (jika ada tertanggung anak)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (jika menyertakan anggota keluarga) atau Buku Nikah (jika suami-istri)
  4. Bukti transfer premi
  5. Salinan resume medis (jika pernah dirawat) atau hasil medical check up (jika ada)

Pembuatan Proposal Ilustrasi

Untuk mendapatkan proposal ilustrasi produk ini, mohon kirimkan data-data berikut:

  1. Nama
  2. Jenis kelamin
  3. Tanggal lahir
  4. Pekerjaan
  5. Merokok/tidak
  6. Data anggota keluarga (nama, jenis kelamin, tanggal lahir) jika ingin disertakan
  7. Plan yang diinginkan
  8. Alamat Email

melalui email ke tutupolij.johan.ferdian@gmail.com atau bisa juga kirim ke Whatsapp/BBM/SMS kenomor yang ada di bawah:

Salam,

JOhan|  0818 654 456 (Mobile & Whatsapp)5178D3DF (Blackberry Messenger)

3 thoughts on “SmartMed Premier

  1. Adi October 1, 2014 / 2:53 pm

    Mas, plan paling murah itu 500rb ya? Ini bisa digabung dg BPJS?

    • JOhan October 2, 2014 / 3:41 pm

      Selamat malam Mas Adi,

      Paling murah 500 ribu itu maksudnya Plannya ya? Klo plan nya paling kecil memang 500 ribu (Plan A).. Untuk rawat inap Plan A yang tahunan, preminya 6.791.800 per tahun. Sementara untuk yang bulanan preminya 708.600 per bulan.

      Karena ini sistemnya cashless/kartu, maka tidak bisa di double claim mas. Jadi ga bisa digabung dengan BPJS.

      Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s